TEGAL, KOMPAS.TV – Sejumlah rumah sakit dipersiapkan pemerintah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sebagai tempat isolasi para warga yang tidak memiliki tempat tinggal yang memungkinkan, namun telah dinyatakan orang tanpa gejala (OTG). Langkah ini dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal sebagai terobosan pencegahan penularan atau sebaran Covid-19 yang masih melanda.

Penambahan jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan terjadi di lingkungan keluarga karena dipicu oleh kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan. Tak hanya itu, sebagian diantaranya juga masih banyak warga yang tinggal dalam satu rumah namun tidak memiliki kamar pribadi sehingga memudahkan terjadinya penularan.

Kepala Dinas Kesehatan Hendadi Setiaji mengatakan, akan terus gencar mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan rumah. Selain itu, akan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19. Ditargetkan dalam satu orang pasien positif Covid-19, minimal melakukan pemeriksaan terhadap tiga puluh orang yang pernah kontak erat.

Dari jumlah 465 kasus positif Covid-19, 279 diantaranya dinyatakan sembuh, yang masih menjalani isolasi mandiri dirumah berjumlah seratus tiga orang, empat puluh tiga orang masih menjalani perawatan dan empat puluh orang meninggal dunia.

View at DailyMotion

Topics #coronavirus #covid 19 indiana #covid 19 statistics #covid 19 usa #covid symptoms #covid-19 #novel coronavirus #second #stimulus #update