KOMPASTV – Mari kita tetap dalam semangat melaksanakan ibadah puasa meskipun pada saat-saat ini, mungkin sejak dua atau tiga bulan yang lalu kita sedang dilanda oleh satu serangan penyakit menular. Menghadapi corona itu tidak usah berdebat apakah corona itu ujian atau kutukan.

Ini penting karena di masyarakat sekarang ini ada yang memperdebatkan yang sebenarnya tidak terlalu penting diperdebatkan. Ada yang menyatakan kita ini sedang dikutuk oleh Tuhan karena kita sombong karena kita melanggar ajaran Nya, tapi ada yang mengatakan tidak kita ini sedang diuji keimanan kita oleh Allah.

Dalam Alquran setiap musibah itu ada dasarnya misalnya musibah yang menimpa Nabi Ayyub. Nabi Ayub itu di dalam hidupnya yang sudah tua dijauhi oleh keluarganya oleh tetangganya yang diberi penyakit menular sehingga dia di jauhi. Tuhan mengatakan itu kesabaran bagi Nabi Ayyub.

Apakah Corona atau COVID-19 ini sebagai ujian atau hukuman itu jawabannya tetap sama hanya satu. Untuk menyelesaikan ini dari sudut agama kita harus bertaqwa. Orang yang sedang diuji kalau ingin lulus ujian harus bertaqwa.

Jangan ragu sedikitpun hayati puasa ini untuk membangun ketaqwaan pada diri kita, pada perilaku kita karena hanya takwa itulah yang akan menjadi jawaban apakah wabah penyakit seperti ini ujian atau hukuman.

View at DailyMotion

Topics #covid #covid-19 #Indiana #novel coronavirus #second #statistics #stimulus #update