BRASILIA, KOMPAS.TV – Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan bahwa ia telah menjalani tes dan memiliki hasil positif Covid-19, Selasa (07/07/2020). Bolsonaro selama berbulan-bulan meremehkan tingkat keparahan virus corona, sementara kematian akibat corona meningkat dengan cepat di dalam negeri.

Bolsonaro mengatakan bahwa dirinya sedang minum hydroxychloroquine, obat anti-malaria yang belum terbukti efektif melawan Covid-19.

“Saya pikir saya sudah merasakan sebelumnya, mengingat aktivitas saya yang sangat dinamis. Saya adalah Presiden dan berada di medan pertempuran. Saya suka berada di tengah-tengah rakyat.” Kata Bolsonaro.

Bolsonaro sering muncul di depan umum untuk berjabat tangan dengan pendukungnya dan berinteraksi dengan orang banyak, bahkan kadang tanpa menggunakan masker. Dia telah mengatakan bahwa sejarahnya sebagai seorang atlet akan melindunginya dari virus dan bahwa virus corona tidak lebih dari “flu kecil” jika dia tertular.

Bolsonaro berulang kali mengatakan bahwa tidak ada cara untuk mencegah 70% dari populasi jatuh sakit dengan Covid-19 dan bahwa upaya Pemerintah Daerah untuk menghentikan kegiatan ekonomi pada akhirnya akan menyebabkan lebih banyak kesulitan daripada membiarkan virus untuk menjalankan programnya.

Bolsonaro mengulangi sentimen-sentimen itu dengan menyamakan virus dengan turunnya air hujan. Dirinya mengatakan bahwa orang yang lebih tua, harus lebih berhati-hati.

Pan American Health Organisation (PAHO) memuji pengakuan positif Covid-19 dari Bolsonaro. Mereka berharap Bolsonaro cepat pulih dari perawatan.

View at DailyMotion

Topics #covid #covid-19 #Indiana #novel coronavirus #statistics #update